Popular Post

Posted by : Fauziah Cahyani Senin, 01 Oktober 2012

Rabu, 26 September 2012

Hari rabu terakhir di bulan September yang juga merupakan hari rabu pertama memasuki semester 5 bagi kami mahasiswa angkatan 2010. Bagi kami mahasiswa semester 5 yang mengambil konsentrasi Jurnalistik, hari rabu merupakan hari yang sangat sibuk. Betapa tidak, kami harus mengikuti perkuliahan sebanyak 9 SKS (Sistem Kredit Semester) dan itu berarti kami akan berada di ruang kelas selama 450 menit atau 7,5 jam..


06:45 am
Saya sudah beranjak meninggalkan desa Cibuntu-Cibitung menuju kampus Universitas Islam "45" (Unisma) Bekasi. Saya harus berangkat lebih pagi dari hari biasanya karena kuliah pertama dimulai pukul 07:30 WIB. Perjalanan yang cukup lama mengingat banyaknya aktivitas orang-orang di pagi hari. Mulai dari angkutan kota yang selalu penuh dengan anak-anak sekolah, jalanan yang ramai karena kendaraan-kendaraan pribadi dan aktivitas orang-orang di sekitar Pasar Tambun yang membuat jalanan tersendat.

Sebelum pukul 7:30 saya sudah sampai di kampus Unisma. Siap mengikuti mata kuliah pertama yaitu Penulisan Berita dan Opini oleh pak Iwan Samariansyah..

08:00 am
Perkuliahan baru saja dimulai di gedung H ruang 202. Ada 8 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini, dua diantaranya adalah senior kami yang belum mengambil mata kuliah ini ditahun-tahun sebelumnya. Walaupun begitu, sama sekali tidak ada jarak dia antara kami. Begitupun dengan dosen kami, pak Iwan. Di semester 3, kami sudah pernah dipertemukan di mata kuliah Dasar-dasar Jurnalistik, jadi kami sudah merasa 'enak' kuliah bersama beliau. Apalagi bila mendengar cerita beliau tentang pengalamannya selama menjadi Jurnalis.

Hari pertama kami belum membahas mengenai materi Penulisan Berita dan Opini, tetapi beliau sedikit menjelaskan gambaran umum mata kuliah ini selama satu semester ke depan. Selain itu, beliau juga sempat menanyakan alasan kami mengapa mengambil konsentrasi Jurnalistik. Ada satu kalimatnya yang menyenangkan hati kami, yaitu menurut beliau seorang yang sudah terjun ke dunia jurnalis akan mudah memasuki dunia humas, tetapi berbeda jika sebaliknya. Hal itu merupakan angin segar bagi kami..

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 10:00 WIB. Itu artinya perkuliahan bersama pak Iwan harus disudahi dan diakhiri dengan memberikan tugas..

10:00 am
Kami berenam; Saya, Jessi, Anggi, Christin, Adit, dan Supri masih ada perkuliahan di ruang H202 ini. Sementara dua senior kami; Edo dan Iqbal sudah meninggalkan kelas karena tidak mengikuti mata kuliah selanjutnya.

Pukul 10 lewat beberapa menit dosen mata kuliah Bahasa Jurnalistik yaitu pak Zulkarnaen tiba di kelas. Ini merupakan kali kedua saya bertemu dengan beliau dalam suatu mata kuliah. Sama seperti halnya pak Iwan, pak Zul juga merupakan wartawan senior.

Perkuliahan Bahasa Jurnalistik ini sangat menarik. Pak Zul banyak menceritakan pengalamannya selama menulis di media cetak yang kebanyakan membongkar keburukan seseorang namun hal itu adalah fakta. Menurutnya, bahasa jurnalistik dari setiap media cetak berbeda-beda tergantung kelasnya masing-masing..

12:30 pm
Mata kuliah kedua berakhir dan kami hanya mempunyai waktu 30 menit sebelum mata kuliah yang terakhir dimulai. 30 menit itu kami manfaatkan untuk makan siang dan melaksanakan sholat dzuhur.
13.00 pm
Mata kuliah Foto Jurnalistik oleh pak Hamludin dilakukan di ruang lab. Multimedia Ilmu Komunikasi. Walaupun hari sudah siang dan kami sudah beraktivitas sejak pagi hari, tapi mata kuliah ini sama sekali tidak membosankan. Kami bahkan sangat bersemangat dan sangat memperhatikan pak Ham ketika menunjukkan kepada kami bagian-bagian kamera. Beliau juga memberitahu kami bagaimana cara mengatur diafragma, fokus, dan lain-lain.

Beliau pun menceritakan bagaimana awal kamera berasal. Pada intinya, foto adalah bagaimana melukis cahaya atau menangkap gambar. Ada sebuah kamera sederhana yang dapat dibuat oleh siapapun, yaitu Kamera Lubang Jarum. Dari Kamera Lubang Jarum itulah dapat berkembang kamera-kamera seperti saat ini.

Saat beliau menunjukkan hasil fotonya kepada kami, kami sangat kagum dan terkesan. Dengan teknik-teknik foto yang beliau miliki, beliau dapat mendokumentasikan moment-moment yang berharga..

3 sks yang terakhirpun selesai. Sangat menyenangkan dapat mempelajari dunia jurnalistik dengan dosen-dosen habat ini..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Precious Life - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -