Popular Post

Posted by : Fauziah Cahyani Senin, 21 Oktober 2013




Seorang istruktur menyelam di lepas pantai California Selatan melihat sesuatu yang keluar dari novel fantasi: bangkai ular berwarna perak sepanjang 18 kaki seperti oarfish, makhluk laut yang belum terlalu dikenal di dunia pengetahuan dan orang-orang banyak.

Jasmine Santana dari Catalina Island Marine Institute (CIMI) sedang berada sekitar 15 kaki di bawah air ketika ia menemukan ikan keperakan dengan sirip kemerahan dan mata seukuran setengah dolar itu. Menyadari ikan itu mati, ia menyambar ekor ikan lalu membawanya ke permukaan.

“Saya awalnya sedikit takut. Tapi ketika saya menyadari itu adalah Oarfish, saya tahu itu aman.” ucap Santana.

Setelah berenang selama 15 menit membawa ikan itu ke permukaan, Santana mengatakan bahwa dibutuhkan lebih dari 14 orang untuk membantu menyeret makhluk laut raksasa itu ke pantai. Staff di institut tersebut menyebutnya sebagai penemuan seumur hidup.

“Saya benar-benar kagum. Rasanya seperti melihat sesuatu dalam mimpi,” kata Mark Waddington kapten senior sekolah pelayaran CIMI “Tole Mour”. “Ini adalah kali pertama saya melihat Oarfish sebesar ini,” lanjut Mark.

“Oarfish biasanya berada di semua perairan tropis. Namun jarang terlihat, entah hidup atau mati,” kata CIMI, sebuah organisasi non-profit bidang ilmu kelautan dalam rilisnya. “Hal ini diyakini bahwa Oarfish menyelam di kedalaman 3000 kaki, sehingga jarang diteliti dan sedikit diketahui bagaimana perilaku dan populasinya.”

Waddington yang sudah bergabung dengan CIMI sejak tahun 1994, mengatakan bahwa belum jelas mengapa Oarfish itu ada di perairan dangkal, tapi nampaknya ikan itu meninggal secara alami.

Sementara bangkai Oarfish masih diawetkan dalam es, Waddington mengatakan CIMI sudah mengirimkan jaringan dan sampel lainnya kepada para ilmuan kelautan, termasuk Dr. Milton Love, seorang ahli ikan dari University of California di Santa Barbara, untuk mempelajari DNA dan kebiasaan ikan tersebut.


Waddington mengatakan kemungkinan CIMI akan menjaga kerangka ikan tersebut untuk tujuan pendidikan. Program ini menarik lebih dari 30.000 anak usia sekolah setiap tahunnya.

Translated by: Fauziah Cahyani

Source: http://edition.cnn.com/2013/10/15/us/california-18-foot-oarfish/

{ 2 Comment... read them below or Comment }

- Copyright © My Precious Life - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -