Popular Post

Posted by : Fauziah Cahyani Sabtu, 19 Oktober 2013


credit foto: antarafoto.com



Jambu biji adalah salah satu varietas buah-buahan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun terdapat salah satu jenis dari buah ini yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang, yaitu Jambu Kristal. 

Dibandingkan dengan jenis jambu biji yang lain, Jambu Kristal ini memiliki jumlah biji yang lebih sedikit. Daging buahnya pun manis dan renyah. Selain itu, buah ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Fajar (26), petani Jambu Kristal, buah ini memiliki khasiat diantaranya; mencegah sembelit, mengurangi hipertensi, merawat kulit dan gigi, mencegah kanker, menurunkan berat badan, mengobati sariawan perut, dan menurunkan diabetes.

Selain buahnya yang mengandung banyak khasiat, daun nya pun memiliki khasiat seperti mengobati diare, batuk, dan pilek.

Tika Sadi (31) salah satu penikmat Jambu Kristal mengakui kelebihan buah ini seperti rasanya yang enak dan bijinya yang sedikit.

Jambu Kristal yang merupakan buah asli Indonesia ini dapat tumbuh dengan baik di dataran dengan ketinggian 400-600M di atas permukaan laut. Sehingga tidak sulit untuk dibudidayakan. Kabupaten Bogor adalah salah satu daerah penghasil jambu jenis ini.

Untuk mempromosikan dan menjual hasil tani berupa buah dan sayur lokal ini, Muhammad Fajar dan rekan yang tergabung dalam Asosiasi Pasar Tani sering mengikuti kegiatan-kegiatan seperti pameran yang di selenggarakan oleh TNI-AD dalam rangka memperingati HUT TNI-AD yang ke-68 di Lapangan Merdeka selama 3-7 Oktober 2013 yang lalu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Precious Life - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -