Popular Post

Posted by : Fauziah Cahyani Senin, 04 Maret 2013


Hari ini (4/3) kegiatan perkuliahan di Unisma dimulai lagi.. Nggak berasa ya, liburan sebentar banget kayaknya. Emang cuma sebentar sih, aku liburan cuma seminggu sebelum perkuliahan dimulai..
Libur semester ganjil itu seharusnya satu bulan, tapi tingga minggunya masih ribet UAS dan Mapres..

Jadi, setelah selaesai UAS beberapa minggu yang lalu, beberapa puluh mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di Unisma ikutan lomba Mahasiswa Berprestasi (Mapres).
Buat gue sendiri, ini adalah kali pertamanya ikutan mapres. Tahun kemaren masih aman, belum boleh ikutan soalnya masih semester 4. Sedangkan persyaratan ikut Mapres itu minimal semester 5. Nah, karena tahun ini gue udah semester 6, jadi mau nggak mau harus ikutan.

Mau nggak mau? Berarti terpaksa ya?

Ya…. Agak sih…

Emang nggak bisa nolak?

Nggak bisa. Kali ini wajib. Kewajiban gue sebagai mahasiswa beasiswa.. Udah, udah.. Yang ini jangan diterusin lagi, agak males ngomongin hak dan kewajiban -___-v

Gue kan mau cerita pengalaman gue ikutan Mapres kemaren..
Jadi gini ceritanya, awalnya gue males-malesan ikut lomba ini. Pasalnya, pasca UAS kemaren, gue diminta pulang ke Tangerang. Urgent. Dan yaa gue males balik lagi ke Bekasi buat ngurus mapres.

Senin, 11 Februari 2013
Sore hari gue dapet SMS dari dosen pembimbing Mapres..


Deg! Iya, gue panik tuh dapet SMS begitu -___-
Akhirnya gue bales SMS beliau setelah mikir dan nyari wangsit buat kata-kata yang pas..


Beliau bales lagi..


Gue pun bales lagi..


Tapi beliau nggak bales lagi -__-
Karena menurut gue obrolan singkat melalui SMS ini terkesan menggantung, gue pun akhirnya menyimpulkan sendiri maksud beliau nggak bales SMS gue lagi..
Beliau mengijinkan gue gak ikutan Mapres. Ya, begitulah yang gue simpulin..

Gue pun santai-santai nonton drama Korea di kontrakan..

Keesokan harinya… Selasa, 12 Februari 2013
Waktunya bimbingan KRS setelah kemaren ngambil IP. Gue dateng agak siang sekitar pukul 11.00. tapi sekitar pukul 1 siang gue sama Jessi baru KRS-an. Soalnya Pembimbing Akademik gue lagi apaaa gitu ya waktu gue dateng..
Nah ini nih.. Dospem Mapres gue “mungkin” ngijinin gue gak ikutan Mapres, tapi apakah ibu ketua jurusan (kajur) juga ngijinin?? JENK JENK!!!
Tentu aja nggak. Gue speechless waktu ngadep beliau. Tadinya mau bilang “Ibu, saya nggak ikut Mapres..”. Batal. Gue pun seperti disihir dan akhirnya ikutan Mapres juga..

Mau bikin karya tulis apaan juga gue belum kepikiran dan waktunya emang udah bener-bener mepet. Deadline pengumpulan karya tulis itu tanggal 15 Februari cuy.. Yakali gue ngerjain karya tulis cuma 3 hari? Terus kapan bimbingannya?

Hari demi hari dilewati.. Ini bukan kali pertamanya kok gue berhadapan sama deadline. Hampir seluruh waktu kuliah gue berhadapan dengan yang namanya deadline -__-
Semakin mendekati deadline, semakin males-malesan ngerjain karya tulis. Dan angin segar pun datang..
Ibu kajur bilang kalo berkas-berkas formulirnya dulu aja yang dikumpulin tangal 15. Masalah karya tulis, kalo belum selesai bisa dikumpulin H-1 presentasi karya ilmiah..
Oke, ini bener-bener angin segar. Dan bukannya gue bisa lebih “bener” ngerjain karya tulisnya, gue malah ngerjain hal-hal lain, download video di Youtube misalnya. Sesungguhnya waktu luang itu musuh paling jahat bagi para deadliners.. -___-
Kalian tau  kapan tepatnya gue ngerjain itu karya tulis? Minggu (17/02) sekitar jam 9 atau 10 malem gue baru bener-bener ngerjain itu karya tulis. Karena sampe pagi buta belum kelar dan gue udah capek plus ngantuk, gue pun tidur. Pagi-pagi gue harus bangun lagi karena harus ke Bekasi. Ya, saat itu gue lagi di Tangerang.

Senin, 18 Februari 2013
Begitu sampe kampus gue langsung lanjut ngerjain karya tulis gue. Ini bener-bener deadline. Dan sekitar jam 1 karya tulis gue kelar..
Ohya, serangkaian tes buat mapres pun dimulai hari ini. Hari pertama adalah tes kepribadian yang dimulai pukul 2 siang..

Disuruh ngapain?

Gambar pohon sama orang. Kalo yang kayak gini udah pernah sih waktu tes beasiswa 3 tahun yang lalu. Dan seinget gue gambarnya sama aja kayak 3 tahun yang lalu -___- Ah gue tuh nggak bisa gambar. Gambar orangnya malah ke-manga-manga-an gitu -___- Iya, waktu kecil kan gue suka nonton kartun sama baca komik Jepang. Dan cuma itu yang bisa gue gambar. Ah, jadi pengen baca komik lagi nih. Tapi komik-komik gue ditinggal semua di Indramayu..
Selain gambar, di tes kepribadian juga ada soalnya juga. Bukan soal juga sih. Lebih ke pilihan gitu. Jadi di setiap soal ada dua pernyataan yang harus kita pilih salah satu yang sekiranya itu adalah kepribadian kita. Dan itu ada 90 soal. Mabok.. Masalahnya penyataannya itu mirip-mirip -__-
Nah bagian yang paling gue nggak suka di tes kepribadian itu suruh nulis kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Gue kan bingung mau nulis apaan, apalagi bagian kelebihan -___-
Oke, tes kepribadian pun berakhir dan gue harus cepet-cepet ke sekretariat buat ngurus karya tulis gue. And you know what? Karya tulis guue langsung ditandatangan dospem tanpa bimbingan. What the…..
Yoweslah biarin. Gue juga males kalo mesti revisi-revisi..
Sumpah. Ini bener-bener lega..

Selasa, 19 Februari 2013
Hari kedua, tes bahasa Inggris.

Ngapain?

Ngerjain soal (reading & listening) sama wawancara..
Lagi-lagi ini bukan kali pertamanya gue wawancara pake bahasa Inggris. Tes beasiswa juga wawancaranya bahasa Inggris..
Ngerjain soal sih gak terlalu susah walaupun ada beberapa soal yang gue nggak yakin sama jawabannya..
Nah kalo wawancara ini gue agak khawatir. Soalnya udah lumayan lama nggak cuap-cuap pake bahasa Inggris. Malah banyak ter-influence sama bahasa Korea -__- Agak takut juga kalo-kalo keceplosan ngomong Korea waktu wawancara. Tapi untungnya Alhamdulillah lah yaa.. hahhaa

Rabu, 20 Februari 2013
Hari ketiga sekaligus hari terakhir. Presentasi karya ilmiah dan wawancara ko dan ekstrakulikuler..
Nah ini nih yang bikin nervous setengah mati.. Untungnya presentasi cuma di depan tiga orang penguji. Sebelumnya gue pikir presentasi bakal dilakuin di depan forum, di depan semua peserta lomba.. Sumpah gue nggak siap kalo beneran gitu -___- Masalahnya sejak masuk konsentrasi Jurnalistik, gue nggak pernah presentasi lagi..
Pas di dalem ruangan sih nervous-nya mulai ilang. Mungkin faktor penguji nggak terlalu merhatiin gue presentasi. Ya, mereka lebih fokus sama karya tulis gue yang ada di tangan mereka. Mereka cuma sesekali ngelirik slide gue..
Sekitar 15 menit lah presentasinya dengan kritik sana-sini..
Lanjut wawancara ko dan ekstrakulikuler sama orang DIPAMA..

Ko dan ekstrakulikuler itu apa?

Ya semacam kegitan kita di kampus dan di luar kampus selain kuliah gitu deh..
Kalo bagian ini gue payah banget. Secara gue nggak begitu suka berorganisasi. Di kampus cuma ikutan Lembaga Dakwah Kampus sama himpunan di jurusan.. Di luar kampus? Boro-boro -___-
Ohya, gue juga ditanyain motivasi ikutan mapres ini..
“Saya hanya menggugurkan kewajiban saya, Pak.”, jawab gue dalam hati..
Ya nggak mungkin kan gue jawab gitu -___-
Jadinya gue jawab aja gini “Selain tuntutan sebagai mahasiswa beasiswa, saya juga ingin mengikuti lomba karya tulis, Pak. Sebelumnya kan saya sudah pernah ikut PKM dan saya ingin menulis karya ilmiah lagi.”
Ini boomerang. Si bapak malah nanggepin gini “Kalau gitu PKM nanti kamu ikut lagi ya?”
MATILAH GUEEE…. KENAPA GUE JAWAB GITUUUUU??
*glek* *nelen ludah* *pasang ekspresi seseneng mungkin* dan ucapkan “InsyaAllah, Pak……”

Dan akhirnya selesai juga rangakaian tes buat mapres ini.. Alhamdu? Lillah~
Gue sih dari awal nggak ngarep menang. Ini udah selesai aja bersyukur banget.. Bener-bener nggak ada motivasinya. Hahaha -___-v

Oke deh selamat kembali ke bangku perkuliahan. Semangat!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Precious Life - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -